Ini Dia Kompleks Makam Para Raja Mesir Kuno



Ini Dia Kompleks Makam Para Raja Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Sebelum ajal, Raja Tutankhamen melontarkan kutukan tentang siapapun yang menggubris mumi para Raja Mesir. Mumi-mumi itu, beserta harta karundan mantera kuno yang menyelimutinya, dikubur di Valley of the Kings.

Ramses the Great, Tuthmosis, dan Tuthankamen adalah beberapa Raja Mesiralias Pharaoh yang paling terkenal. Tutankhamen bahkan terkenal dengan Curse ofthe Pharaohs, sebuah kutukan yang menghantui siapa pun yang mengganggukeberadaan mumi para Pharaoh. Apakah Anda akan terkena nasib buruk, penyakit,atau kematian.

Ini Dia Kompleks Makam Para Raja Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Memangnya di mana wisatawan bisa menemukan mumi mereka?



Tepatnya di sebelah barat Sungai Nil, Mesir, persis bersebrangan dengankota kuno Luxor. Mulai abad ke-18, para peneliti menemukan lebih dari 60ruangan bawah tanah berisi mumi yang disimpan apik dalam peti mati. Selain ituada pula harta karun: berlian, patung-patung emas, dan peralatan kuno yangbernilai estetis tinggi.

Para peneliti menyebut tempat ini Valley of the Kings. Pada 1979, UNESCOmendaulatnya sebagai Situs Warisan Dunia.

Ini Dia Kompleks Makam Para Raja Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Valley of the Kings jadi salah satu destinasi favorit para traveler. Ada4.000-5.000 wisatawan berkunjung ke lembah ini tiap harinya. Wilayah initerbagi jadi dua, yaitu East Valley dan West Valley. Mayoritas makam berada diEast Valley. Sampai saat ini, ada 63 makam bawah tanah yang ditemukan dalamberagam ukuran. Masing-masing didekorasi dengan lukisan mitos Mesir didindingnya, menggambarkan kepercayaan dan ritual pemakaman pada masa itu.

Kebanyakan makam dibuka untuk publik. Namun, Anda tak akan mendapatpemandu wisata selama di sini. Anda hanya akan diberi secarik kertas penjelasanbagi tiap tempat di Valley of the Kings. Tujuannya untuk meminimalisir waktuAnda di dalam sana, serta mencegah para pengunjung merusak situs aslinya. Andajuga tak boleh mengambil gambar apa pun dalam komplek makam.

Lalu bagaimana dan Curse of the Pharaohs? Anda boleh percaya atau tidak.Tapi selama tidak mengganggu makam para mumi, tampaknya semua akan berjalanlancar-lancar saja.

Ini Dia Kompleks Makam Para Raja Mesir Kuno [ www.BlogApaAja.com ]

Follow On Twitter