Misteri Pegunungan Hantu Di Antartika



Misteri Pegunungan Hantu Di Antartika [ www.BlogApaAja.com ]

Peneliti mengungkap gunung yang terkubur dibawah es Antartika. Wilayah kutub planet itu merupakan pegunungan yang luas dansetara dengan Alpen.Puncak berlekuk itu memiliki tinggi lebih dari 8.000 kaki(2.400 meter). Gunung itu terkubur di bawah es yang padat, dengan tebal lebihdari satu mil ( 1,6 kilometer) jauh di timur Antartika.Keberadaan pegununganyang disebut Pegunungan Gamburtsev ini mengejutkan para ilmuwan Rusia saatpertama kali menemukan hal tersebut 50 tahun yang lalu.Puncak subglasial yangmemiliki panjang hampir 750 mil (sekitar 1.200 kilometer) itu terus menjadimisteri.

Pegunungan Gamburtsev yang dikenal sebagai"pegunungan hantu" mulai terkuak. pegunungan yang tak terlihat dengankasat amta ini tersembunyi di bawah lapisan es dan salju di tengah hamparan esAntartika.

Misteri Pegunungan Hantu Di Antartika [ www.BlogApaAja.com ]

Sebuah tim mancanegara yang beranggotakansejumlah insinyur, pilot dan ilmuwan telah bekerja di Kutub Selatan yangmemiliki cuaca ekstrim guna mengungkap keberadaan pegunungan hantu itu. Denganmenggunakan radar yang dapat menembus lapisan es setebal empat kilometer ( 4 km) dan peralatan seismik yang dapat "mencitrakan" puncak-puncakPegunungan Gamburtsev yang tersembunyi.

Kelompok pertama ilmuwan terbang melintasiwilayah pegunungan tersebut dengan menggunakan pesawat yang dilengkapi denganradar khusus. Radar pencitraan yang dilengkapi dengan data gravitasi dan datamagnetik digunakan untuk membentuk gambar 3D ( tiga dimensi ) daripuncak-puncak Pegunungan Gamburtsev. Tim kedua bekerja di darat, yang bertugasmendengarkan gelombang seismik yang yang terpancar dai puncak-puncak gunung.Data tersebut digunakan untuk menyelidiki struktur lapisan tanah keras di dasarpegunungan.

Hasil pencitraan menunjukkan bahwa Gamburtsevterbentuk oleh jajaran puncak bergerigi yang tingginya sekitar 2.600 meter,yang menunjukkan kemiripan dengan Cascade Range di American Northwest. Parapeneliti yakin bahwa puncak-puncak ini memainkan peranan penting dalammembentuk lapisan es di Antartika Timur sekitar 30 juta tahun lalu.

Misteri Pegunungan Hantu Di Antartika [ www.BlogApaAja.com ]

Meskipun kini sudah ada gambaran seperti apabentuk "pegunungn hantu", pegunungan ini tetap menyimpan misteri.Pegunungan Gamburtsev tampaknya tidak terbentuk oleh aktivitas tektonik maupunproses vulkanik -- dua hal yang umumnya membentuk suatu gugusan pegunungan.

Follow On Twitter